7 Langkah Membangun Merek Anda Sendiri Dari Awal

Testimoni 5 - 7 Langkah Membangun Merek Anda Sendiri Dari Awal

 49 dilihat

Membangun merek dari awal yang menonjol bukanlah tugas yang mudah.

Akan terlihat seperti apa? Bagaimana seharusnya itu membuat orang merasa? Akankah itu selaras dengan audiens target saya?

Ini adalah pertanyaan yang pasti akan muncul ketika Anda mulai berpikir tentang bagaimana menghubungkan titik-titik antara apa yang Anda jual dan siapa yang Anda coba jangkau.

Baik Anda tidak punya apa-apa selain ide bisnis atau ingin mengubah merek yang sudah ada, berikut ini yang perlu Anda ketahui tentang membangun identitas merek yang kuat untuk bisnis Anda.

Apa sebenarnya merek itu?

Merek bukan hanya nama dan logo yang dapat dikenali yang membedakan Anda di pasar yang ramai.

Merek Anda adalah cara orang memandang Anda di mana pun mereka berinteraksi dengan bisnis Anda — baik kesan yang dapat Anda kendalikan maupun yang tidak.

Kalau dipikir-pikir, orang juga punya merek pribadi . Kita masing-masing memiliki nama, wajah, gaya, cara berkomunikasi, dan dengan ciri-ciri ini, kita membuat kesan berbeda pada orang yang berbeda.

Demikian pula, bisnis memiliki nama, produk, logo, warna, font, suara, dan reputasi yang membentuk apa adanya dan memengaruhi persepsi mereka.

Anda tidak dapat membangun merek tanpa konsisten dan mempertahankan konsistensi itu saat Anda memperluas merek ke setiap bagian bisnis Anda. Tapi itu semua dimulai dengan menetapkan seperti apa konsistensi itu nantinya dan perasaan yang Anda ingin ciptakan.

Bagaimana membangun merek

Membangun merek Anda sendiri pada dasarnya bermuara pada tujuh langkah:

  1. Teliti audiens target Anda dan pesaing Anda.
  2. Pilih fokus dan kepribadian Anda.
  3. Pilih nama bisnis Anda.
  4. Tulis slogan Anda.
  5. Pilih tampilan merek Anda (warna dan font).
  6. Desain logo Anda.
  7. Terapkan branding Anda di seluruh bisnis Anda.

Meskipun Anda mungkin meninjau kembali beberapa langkah saat memutar merek Anda, penting bagi Anda untuk mempertimbangkan setiap aspek saat Anda membentuk identitas merek Anda.

Baca juga :

Mari mulai dengan meletakkan dasar untuk menginformasikan cara Anda membangun merek.

1. Lakukan riset tentang audiens target Anda dan pesaing Anda

Sebelum Anda mulai membuat keputusan tentang merek Anda, Anda perlu memahami pasar saat ini, yaitu siapa calon pelanggan dan pesaing Anda saat ini.

Ada banyak cara untuk melakukan ini:

  • Google kategori produk atau layanan Anda dan analisis pesaing langsung dan tidak langsung yang muncul.
  • Periksa subreddit yang terkait dengan pelanggan Anda dan dengar percakapan mereka dan rekomendasi produk.
  • Bicaralah dengan orang-orang yang merupakan bagian dari target pasar Anda dan tanyakan merek apa yang mereka beli di tempat Anda.
  • Lihatlah akun atau halaman media sosial yang relevan yang diikuti dan diterima oleh target Anda.
  • Pergilah berbelanja online atau offline dan rasakan bagaimana pelanggan Anda akan menjelajahi dan membeli produk.

Saat Anda melakukan penelitian, catat:

  1. Siapa pelanggan “buah gantung terendah” Anda — yang paling mudah Anda jual.
    Siapa pesaing utama Anda — merek yang mapan dan dikenal di pasar.
  2. Bagaimana pelanggan Anda berbicara dan apa yang mereka bicarakan — minat yang mereka miliki dan bahasa yang mereka gunakan untuk mengekspresikannya.
  3. Penting untuk memahami hal ini sebelum bergerak maju, karena ini akan menginformasikan apa yang harus menjadi fokus merek Anda dan bagaimana merek dapat memposisikan dirinya terpisah dari pesaing.

2. Pilih fokus dan kepribadian Anda

Merek Anda tidak bisa menjadi segalanya bagi semua orang, terutama di awal.

Penting untuk menemukan fokus Anda dan membiarkannya menginformasikan semua bagian lain dari merek Anda saat Anda membangunnya.

Berikut adalah beberapa pertanyaan dan latihan pencitraan merek untuk membuat Anda berpikir tentang fokus dan nada merek Anda.

Apa pernyataan pemosisian Anda?

Pernyataan pemosisian adalah satu atau dua baris yang mempertaruhkan klaim Anda di pasar. Ini belum tentu sesuatu yang Anda tempatkan di situs web atau kartu bisnis Anda — ini hanya untuk membantu Anda menjawab pertanyaan yang tepat tentang merek Anda dan membantu dalam membuat tagline merek Anda.

Proposisi nilai unik Anda adalah satu hal yang Anda perjuangkan. Temukan, masuk ke dalamnya, dan jadikan itu bagian dari pesan merek Anda.

Alternatifnya, jika perusahaan yang ingin Anda mulai memiliki tujuan utama (misalnya, jika Anda memulai usaha sosial ), Anda juga dapat menuliskannya sebagai pernyataan misi yang memberikan janji yang jelas kepada pelanggan atau dunia. .

Kata-kata apa yang akan Anda kaitkan dengan merek Anda?

Salah satu cara untuk melihat pembangunan merek adalah membayangkan merek Anda sebagai pribadi. Dia akan seperti apa? Kepribadian seperti apa yang membuat pelanggan Anda tertarik?

Ini akan membantu menginformasikan suara Anda di media sosial dan nada semua kreatif Anda, baik visual maupun tertulis.

Latihan pencitraan merek yang menyenangkan dan berguna adalah melempar tiga hingga lima kata sifat yang menggambarkan jenis merek yang mungkin beresonansi dengan audiens Anda. Saya menyusun daftar sifat ini untuk membantu Anda memulai.

Metafora atau konsep apa yang menggambarkan merek Anda?

Memikirkan merek Anda sebagai metafora, atau mempersonifikasinya, dapat membantu Anda mengidentifikasi kualitas individu yang Anda inginkan.

Ini bisa menjadi kendaraan, hewan, selebriti, tim olahraga, apa saja — selama memiliki reputasi yang menonjol di benak Anda yang memunculkan jenis getaran yang Anda ingin agar merek Anda berikan.

Misalnya, jika saya ingin membuat merek yang menargetkan pengusaha, saya mungkin memilih untuk menggunakan rakun sebagai titik awal: Mereka adalah penyintas yang suka berkelahi dan akan melakukan apa saja untuk berkembang.

Jika merek Anda adalah hewan, hewan apakah itu dan mengapa itu seperti hewan itu bagi Anda?

3. Pilih nama bisnis Anda

Apa arti sebuah nama? Bergantung pada jenis bisnis yang ingin Anda mulai, Anda dapat menyatakan bahwa nama Anda tidak terlalu penting atau sangat penting.

Seperti yang telah kami katakan sebelumnya, merek lebih dari sekadar nama. Kepribadian, tindakan, dan reputasi merek Anda benar-benar yang memberi arti nama di pasar.

Tetapi sebagai pemilik bisnis kecil, nama perusahaan Anda mungkin adalah salah satu komitmen besar pertama yang harus Anda buat. Ini akan memengaruhi logo Anda, domain Anda, pemasaran Anda, dan pendaftaran merek dagang Anda, jika Anda memutuskan untuk mengambil rute itu (lebih sulit untuk merek dagang nama merek umum yang secara harfiah menggambarkan apa yang Anda jual).

Idealnya, Anda menginginkan nama toko yang sulit untuk ditiru dan bahkan lebih sulit untuk membingungkan dengan pemain yang ada di pasar. Jika Anda memiliki rencana untuk memperluas lini produk yang Anda tawarkan di masa mendatang, pertimbangkan untuk membuat nama bisnis Anda tetap luas sehingga lebih mudah untuk berputar, daripada memilih nama merek berdasarkan kategori produk Anda.

Anda dapat menggunakan pembuat nama bisnis kami untuk bertukar pikiran tentang beberapa nama, atau mencoba salah satu (atau kombinasi) pendekatan berikut:

  • Buatlah kata-kata , seperti Pepsi.
  • Ubah nama kata yang tidak terkait , sepertiApple untuk komputer.
  • Gunakan kata atau metafora yang menjurus, seperti Buffer.
  • Jelaskan secara harfiah (hati-hati: mudah ditiru) , seperti The Shoe Company.
  • Ubah kata dengan menghapus huruf, menambahkan huruf, atau menggunakan akhiran Latin , sepertiTumblr
  • (Tumbler) atau Activia.
  • Buat akronim dari nama yang lebih panjang , seperti HBO (Home Box Office).
  • Gabungkan dua kata: Pinterest (pin + bunga) atau Snapple (tajam + apel)

Karena nama merek Anda juga akan memengaruhi domain / URL situs web Anda, pastikan untuk berbelanja untuk melihat apa yang tersedia sebelum memutuskan nama domain . Lihat panduan kami untuk memilih nama bisnis yang bagus atau gunakan alat kami untuk mendapatkan beberapa ide nama domain .

Ide bagus juga untuk menjalankan nama Anda oleh kelompok fokus orang-orang dekat, jika tidak ada alasan lain selain untuk memastikan nama itu tidak memiliki makna yang tidak diinginkan atau terlalu mirip dengan hal lain yang mungkin Anda lewatkan.

4. Tulis slogan

Slogan yang menarik adalah aset yang bagus untuk dimiliki — sesuatu yang singkat dan deskriptif yang dapat Anda gunakan sebagai slogan di bios media sosial, tajuk situs web, kartu nama khusus , dan di mana pun di mana Anda hanya memiliki sedikit kata untuk menjadi besar dampak.

Ingatlah bahwa Anda selalu dapat mengubah slogan Anda saat Anda menemukan sudut pandang baru untuk pemasaran— Pepsi telah melewati lebih dari 30 slogan dalam beberapa dekade terakhir.

Slogan yang baik itu pendek, menarik, dan memberi kesan yang kuat. Berikut beberapa cara untuk mendekati penulisan slogan Anda sendiri:

  • Pertaruhkan klaim Anda. Death Wish Coffee: “Kopi Terkuat di Dunia”
  • Jadikanlah sebagai Metafora. Redbull: ” Redbull memberimu sayap.”
  • Adopsi sikap pelanggan Anda. Nike lakukanlah.”
  • Memanfaatkan label. Cards Against Humanity: “Permainan pesta untuk orang-orang yang mengerikan.”
  • Tulis sajak. Folgers Coffee: “Bagian terbaik dari bangun tidur adalah Folgers di cangkirmu.”
  • Jelaskan secara harfiah. Aritzia: “Butik busana wanita”.

Cobalah Pembuat Slogan kami untuk bertukar pikiran tentang beberapa ide, atau mainkan pernyataan pemosisian Anda untuk menghasilkan satu kalimat yang potensial untuk menggambarkan bisnis Anda.

5. Pilih tampilan merek Anda (warna dan font)

Setelah Anda mendapatkan namanya, Anda harus memikirkan bagaimana Anda akan merepresentasikan merek Anda secara visual, yaitu warna dan tipografi Anda. Ini akan berguna saat Anda mulai membuat situs web sendiri .

Memilih warna Anda

Warna tidak hanya menentukan tampilan merek Anda, tetapi juga menyampaikan perasaan yang ingin Anda komunikasikan dan membantu Anda membuatnya konsisten di semua hal yang Anda lakukan. Anda sebaiknya memilih warna yang membedakan Anda dari pesaing langsung untuk menghindari kebingungan konsumen.

Psikologi warna bukanlah ilmu pasti, tetapi itu membantu untuk menginformasikan pilihan yang Anda buat, terutama jika menyangkut warna yang Anda pilih untuk logo Anda.

Infografik ini menawarkan gambaran yang bagus tentang emosi dan asosiasi yang biasanya ditimbulkan oleh warna yang berbeda.

Penting untuk mempertimbangkan seberapa terbaca teks putih dan hitam di atas palet warna Anda dan bagaimana teks berwarna mungkin terlihat di atas latar belakang putih dan hitam. Coba gunakan alat seperti Coolors untuk bertukar pikiran tentang warna yang bekerja sama. Ambil kode hex untuk tetap berguna, dan saring melalui berbagai warna untuk menemukan yang Anda suka.

Memilih font Anda

Pada titik ini, ada baiknya juga melihat font yang mungkin ingin Anda gunakan di situs web Anda.

Pilih dua font paling banyak untuk menghindari pengunjung yang membingungkan: satu untuk tajuk dan satu untuk teks isi (ini tidak termasuk font yang mungkin Anda gunakan dalam logo Anda).

Anda dapat menggunakan Pasangan Font untuk menelusuri dari berbagai pilihan font yang cocok.

6. Desain logo Anda

Desain logo perusahaan mungkin adalah salah satu hal pertama yang terlintas di benak Anda saat berpikir untuk membangun merek. Dan untuk alasan yang bagus: ini adalah wajah perusahaan Anda dan berpotensi ada di mana pun merek Anda berada.

Idealnya, Anda menginginkan logo yang unik, dapat diidentifikasi, dan dapat diskalakan untuk bekerja di semua ukuran (sesuatu yang sering diabaikan).

Pertimbangkan semua tempat di mana logo merek Anda perlu ada, dari situs web Anda hingga gambar profil halaman Facebook Anda bahkan ke “favicon” kecil yang Anda lihat di tab browser Anda saat ini.

Jika Anda memiliki logo teks sebagai avatar Instagram Anda, misalnya, hampir tidak mungkin untuk dibaca. Untuk mempermudah hidup Anda, buat logo versi persegi Anda dengan memiliki elemen ikon yang tetap dapat dikenali bahkan pada ukuran yang lebih kecil.

Perhatikan bagaimana logo Walmart memiliki ikon “percikan api” dan tanda kata, yang dapat digunakan secara terpisah.

Berikut ini adalah beberapa jenis logo berbeda yang dapat Anda pilih untuk membantu Anda berkomunikasi dengan desainer dan menemukan gaya yang masuk akal untuk merek Anda. Ingatlah warna dan font yang Anda pilih untuk memastikan semuanya bekerja sama dengan logo Anda untuk menyampaikan merek Anda.

7. Terapkan branding Anda di seluruh bisnis Anda

Menerapkan pencitraan merek di seluruh bisnis Anda akan memberikan kisah merek yang kohesif . Kisah merek mewakili siapa bisnis Anda dan apa artinya. Ini menetapkan panggung untuk setiap interaksi yang dilakukan pelanggan dengan merek Anda, di dalam toko, dan online.

Dalam penelitian jogjaplakat.com tentang apa yang memenangkan kepercayaan pembeli dan pelanggan , kami menemukan bahwa pembeli yang berbelanja di toko online untuk pertama kalinya sering kali mencari misi dan tujuan bisnis untuk melihat apakah mereka memiliki nilai yang sama dengan bisnis (misalnya, keberlanjutan). Mereka akan membuka halaman Tentang Kami untuk mempelajari lebih lanjut tentang dari siapa mereka membeli dan, untuk pelanggan yang lebih sadar sosial, bagaimana bisnis dijalankan. Jika bisnis Anda memiliki kisah merek, bagikan, karena itu dapat membantu pembeli merasa yakin bahwa bisnis Anda adalah bisnis yang sah.

Pernyataan pemosisian Anda dapat membantu Anda memulai, tetapi untuk membuat kisah merek, tanyakan pada diri Anda beberapa pertanyaan:

  1. Apa yang memotivasi saya untuk memulai bisnis saya?
  2. Mengapa perusahaan itu ada?
  3. Bagaimana kita berkontribusi pada dunia?
  4. Apa cerita di balik bisnis saya yang harus diketahui pelanggan?

Kembangkan merek Anda saat Anda tumbuh

Membangun merek tidak berhenti dengan membuat logo atau slogan, atau bahkan dengan peluncuran merek Anda. Merek Anda harus ada dan tetap konsisten di mana pun pelanggan berinteraksi dengan Anda, mulai dari tema yang Anda pilih untuk situs web Anda, materi pemasaran yang Anda hasilkan, hingga cara Anda mengemas dan mengirimkan produk Anda.

Anda akan terus membentuk dan mengembangkan merek Anda saat Anda memaparkan lebih banyak pelanggan padanya dan mempelajari lebih lanjut tentang siapa pelanggan Anda dan cara berbicara dengan mereka.

Penting untuk dipahami bahwa Anda tidak akan pernah memiliki kendali 100% atas cara orang memandang merek Anda.

Anda dapat menarik pelanggan ke arah yang benar, membuat kesan pertama yang baik, dan mengelola reputasi Anda, tetapi Anda tidak dapat mengontrol persepsi individu yang ada di benak setiap orang (misalnya, jika mereka memiliki pengalaman layanan pelanggan yang buruk).

Yang dapat Anda lakukan adalah mengedepankan yang terbaik di setiap kesempatan dan mencoba beresonansi dengan audiens inti Anda. Tapi semoga, saat ini, Anda memiliki alat, pengetahuan, dan sumber daya untuk memulai.

Related Posts

Lihat lebih Detail